SM Global Audition Indonesia - Mimpi jadi Idola KPOP

Screen-Shot-2014-01-10-at-6.04.57-PM-800x450.png (800×450)
Wihiii akhirnya SM Audition nyari trainee di Jakarta

SM Global Audition in Indonesia sebentar lagi dimulai! Gak terasa udah setahun lebih juga ikut-ikutan ngantri di Manhattan Hotel dan pulang kuyup kehujanan haha.

Agak jahat sih emang, Saya sama sekali ga ada bakat apalagi cita-cita ngartis atau jadi idola KPOP hahaha, judulnya cuma iseng dan super penasaran gimana sih audisi salah satu agensi KPOP idol terbesar itu. Saya akhirnya iseng nyoba daftar audisi SM ini lewat email. Tahun lalu email SM sempat full dan banyak yang ngeluh emailnya ga kekirim. Tapi beruntungnya email saya waktu itu masuk dan tinggal nunggu konfirmasi lokasi audisi dan waktu audisi.

Ga lengkap rasanya kalo belum liat gimana reaksi fans KPOP sama audisi ini, apalagi ini yang pertama kalinya loh. Ga susah buat nemuinnya, tinggal masukkin keyword sm audition jakarta, udah ada banyak banget grup dan fanpage berkaitan sama audisi ini. Saya coba liat-liat alias kepo salah satu grup, kaget sih sama keramaian di grup itu. Mulai dari yang nanya tentang cara apply, yang galau karena takut ga lolos, sampai yang oprec alias open recruitment buat jadi member dance cover. . . .

Ga jarang juga disana terjadi saling bash, ada satu orang yang ngumbar bakatnya dikit, langsung abis dibash sama yang lain. Ada lagi yang bertanya soal cara apply atau ngeluh emailnya ga dibales-bales sama SM, tapi kena bash juga karena topik itu udah terlalu sering dibahas. Hahaha kalo yang ini sih emang biasa..

Ada beberapa fase topik di fanpage itu :

  • Fase bingung cara apply


"Duh kalo email balesannya kayak gini berarti udah masuk belum ya?" (Gambar balesan email automatic reply + tulisan hangul blablabla)

"Cara ngirim foto atau videonya gimana yah? apa aku harus upload ke Youtube dulu?"


  • Fase girang dapet balesan email dan galau belum dapet balesan


"Kalo ini berarti aku udah diterima ya?" (gambar ucapan selamat dari SM karena berhasil login di web SM Audition...dikira udah bakal langsung jadi trainee :')

"Kok aku belum dapet balesan ya, apa artinya aku ditolak?" (jan sedih dek :'))

"YANG SUDAH MENERIMA BALASAN EMAIL BERISI INFORMASI LOKASI HARAP JANGAN DISEBARKAN DI GRUP ATAU DITEMPAT LAIN. ITU BERSIFAT RAHASIA KARENA HANYA YANG LOLOS SELEKSI DATA YANG DIUNDANG" (edisi capslock jebol, dan rasa insecure, padahal ujung-ujung SM update info lokasi dan waktu audisi di webnya yang bisa dilihat semua orang bahkan yang ga daftar sekalipun)
--kemudian post itu berlanjut dengan saling bash antara orang-orang yang udah posting balesan email lokasi dan waktu itu


  • Fase Deg-degan H- seminggu sebelum audisi dan galau karena ga cantik/ganteng atau takut operasi plastik


"Wah seminggu lagi audisi! Fighting chingu!" (kemudian berbalas ratusan komen yang saling menyemangati dan diselipin cari temen berangkat bareng)

"Hayo yang dateng audisi dari daerah Blablabla komen disini"

"Ada yang nanti pas audisi nyanyi lagu Disney?" Nyanyi lagu Korea atau Inggris ya?"
"Duh apa kategori akting, CF, dan MC harus bisa bakor ya" (bahasa korea..bakor...why :'') 

"Aduh temen-temen mohon sarannya dong, wajah aku agak oriental gitu, double eyelid, tapi di pipi aku ada tahi lalat sedikit dan hidung aku kurang mancung, apa nanti SM bakal nyuruh aku oplas? Aku takut kalo keluarga aku ga setuju.." (kemudian dikomenin kata-kata pnyemangat dari audition chingu yang lain dan terselip curhat-curhat galau tentang kekurangan fisik masing-masing)

"Yang galau tentang oplas, jangan pusing karena emang itu udah konsekuensi jadi artis SM.." (kemudian dibully oleh fans yang idolanya ganteng/cantik natural)
-kelanjutan dari posting macam ini adalah....iklan promosi krim pemutih kulit, pil diet, make up korea dll (yang kemudian diblok sama admin grup atau dibully member grup yang lain)


  • Fase hari H audisi dan pasca audisi
"Aku tadi udah audisi! gila cepet banget cuma 30 detik, ga berasa!"

"Jurinya jutek banget!"
"Tadi ada yang mirip Sehun!" Tadi ada yang mirip Yoona! Ada pribumi mirip Chanyeol!" (gada yang mirip Sooman sekalian gitu wkwk)

"Eh katanya peserta nomer blablabla keterima, dia ditahan di ruangan dan ditanya-tanyain sama juri"

"Hi, tadi aku salah satu peserta yang ditahan sama juri, aku tadi audisi nyanyi. Pas ditahan aku disuruh nyanyi dari awal sampe abis, trus aku ditanyain hobi, difoto dan disuruh ngedance dikit" (kemudian di bash dan dibilang nipu....padahal gatau dia nipu atau ngga, hanya Tuhan dan dia yang tau :''D

"MOHON YANG TADI DITAHAN SAMA JURI ATAU DI AUDISI ULANG JANGAN DIUMBAR DI GRUP INI. ITU ADALAH PRIVASI DAN CALON TRAINEE BIASANYA TIDAK BOLEH MENGUNGKAP KALAU DIA BERGABUNG JADI TRAINEE SAMPAI WAKTU DEBUTNYA SUDAH DEKAT. (edisi capslock jebol lagi..berlanjut dengan komenan saling ngebash dan gosipin kabar-kabar tak jelas tentang pribumi mirip kpop idol yang katanya lolos audisi)

"Pengumuman audisi tanggal 1 April, mari berdoa semoga ada trainee dari Indonesia" (amiiin, tapi nyatanya tanggal 1 April ga ada notifikasi apapun dari SM tentang kelanjutan audisi jakarta . . . .)

Ada berbagai macam posting lagi di fase ini, tapi yang paling sering saya lihat ya beberapa yang saya tulis itu. Lucu, kaget, dan terkesima sendiri melihat antusiasme pecinta KPOP sama audisi ini.
Soal bingung-bingung cara apply, bisa dimaklumi. Sistem pendaftaran memang agak membingungkan karena beberapa jalur yang bisa diikuti. Belum lagi banyak peserta yang masih SMP atau bahkan SD, tentu saja mereka belum familiar dengan email. Ga kayak Saya yang udah capek-capek berurusan soal apply online kemana-mana, angkatan tua hiks...
Ohya, dari fenomena itu ada aja yang memanfaatkan jadi ladang bisnis. Jasa Pendaftaran Online SM Audition Jakarta. Cukup kasi alamat email dan biodata, bayarnya cukup dengan pulsa 5000 saja...
Otak bisnisnya...Salut!

Soal galau belum dapat balasan info lokasi, menurut saya ini semua gara-gara SM belum dapat lokasi yang fix dan jadwal pasti sehingga jarak antara pendaftaran dan balasan email cukup lama. Belum lagi jumlah pendaftar yang pastinya banyak, membuat SM perlu waktu untuk balasnya satu-persatu.
Tapi yang bikin ngenes adalah ketika hari H, ternyata audisi ini SEBEBAS ITU untuk diikuti. Mau udah pernah daftar dan dapat balasan email, ataup belum sama sekali atau cuma numpang lewat trus ga sengaja ngeliat keramaian lalu ikutan audisi juga bisa....

Disatu sisi SM terlihat agak jahat sih sama peraturan ini, tentu saja peserta yang sudah girang dapat balasan atau bahkan sampai perang di sosmed karena 'menyebarkan' info lokasi dan waktu itu, tau-tau audisi jadi sebebas itu. Bahkan soal pembagian tanggal dan jam audisi...semuanya udah ga sesuai jadwal yang diinfokan sebelumnya lewat email. Tapi disisi lain mungkin SM hanya ingin memberi kesempatan sebesar-besarnya buat siapa saja yang tertarik audisi untuk ikut. Yaah atau mungkin SM kebobolan karena panitia bingung nyesuaikan jadwal tiap peserta dan takut ada keributan kalau sampai ada peserta yang terlambat tapi tidak diperbolehkan audisi karena sudah masuk kloter jadwal yang lain.

Lain lagi soal informasi hoax dan tak jelas asal usulnya. Sepanjang perkepoan (?) saya di berbagai grup dan fanpage itu, cukup sering muncul posting semacam ini. Mulai dari soal yang boleh datang audisi lapangan (ya ini istilah yang kerap muncul, padahal audisinya di hotel wkwkwk~abaikan) cuma yang menerima email balasan, tidak boleh nyebar info lokasi yang di-email, sampai soal daftar persyaratan yang menyebar di berbagai sosial media. Itu tuh yang isinya syarat jadi artis SM : cantik/ganteng, kulit putih mulus, dapat izin orangtua, bisa berpergian ke luar negeri, tidak memiliki penyakit.. Entah siapa itu yang bikin, tapi efeknya luar biasa loh, banyak calon peserta yang down setelah baca persyaratan itu.

Respon member grup atau fanpage terhadap info-info semcam itupun beragam. Ada yang jeli dengan info tak jelas kayak gitu, ada juga yang masih labil dan jadi galau luar biasa. Saran Saya adalah, jangan gampang percaya deh dengan info semcam itu kalau bukan berasal dari website resmi si penyelenggara acara.

Soal persyaratan cantik, mulus atau apalah itu, ini nih topik yang semcam ga ada habisnya dibahas di grup/fanpage sm audition. Agak sedih melihat para calon peserta ini tidak percaya diri dengan fisiknya. Padahal menurut saya kalau kalian memang punya cita-cita untuk berkarir jadi idola KPOP, yakin aja dengan kemampuan dan bakat kalian. Memang SM terkenal sebagai agensi yang mementingkan kecantikan dan ketampanan, tapi ayolah...cantik itu relatif loh, cantik Korea ya jelas berbeda dengan cantik Indonesia. Kita kan ga tau apa misi SM sebenarnya menyelenggarakan audisi di negara Asia Tenggara kayak Indonesia, bahkan tahun ini juga diadakan di Kazakhstan... Kali aja biar menjangkau fans lebih banyak, SM mau bikin grup-grup atau artis yang wajahnya khas indonesia ataupun arabian...who knows?

Lalu soal operasi pelastik gimana? Iya memang idola KPOP ga lepas dengan isu oplas. Bukan cuma SM, tapi dari agensi lain juga begitu. Gara-gara hal ini muncul lagi berbagai info tak jelas tentang kewajiban oplas kalau sudah terpilih jadi trainee. Kemudian muncul postingan galau dari calon peserta yang takut kalau disuruh oplas. Memang saya sendiri juga tidak tahu soal bagaimana agensi yang memaksa artisnya untuk oplas. Kita balik lagi aja soal esensi audisi ini, ini semua tentang industri hiburan, entertainment, dimana kecantikan atau ketampanan itu seolah udah jadi hal pokok dan paling penting dimasyarakat. Terlebih di dunia KPOP. Siapa yang ga tau kalau booming KPOP membuat agensinya berlomba-lomba mendebutkan artis yang cantik fisik dan tentu berbakat (tapi kadang masih nomor dua). Berbagai cara ditempuh, mulai dari merekrut member dari berbagai negara dengan paras wajah blasteran, sampai usaha vermak wajah dengan operasi plastik. Itu semua kembali lagi ke kalian yang memang punya mimpi jadi idol KPOP, harus sudah siap dong dengan segala kemungkinan dan tentunya siap mengikuti pakem industri hiburan di Korea sana.

Tapi bukan berarti kalau merasa wajah pas-pasan atau takut oplas jadi menyurutkan semangat kalian buat ikut audisi. Entertainment bukan soal wajah saja, bakat kalian juga bisa jadi nilai lebih. Balik lagi...siapa tahuu SM mau menjangkau fans baru dengan mendebutkan artis berwajah indonesia..hehe. Ga cantik/ganteng, bukan berarti pasti bakal dioplas,..make up sekarang makin canggih loh, belum lagi kalau sudah debut nanti dikasi baju bagus dan yang terpenting dilatih jadi punya attitude dan manner yang bagus, inner beauty itu lebih menarik loh! Jadi buat yang sedang persiapan audisi, latihan terus, berpenampilan semenarik mungkin tapi bukan berarti kalian jadi menor yah hahaha, just be yourself, dan yang penting good attitude..kelakuannya dijaga ya deek! (macem ospek)

Ohya, saat memutuskan akan ikut audisi atau tidak, sebaiknya dipikirkan matang-matang. Apalagi yang berasal dari daerah yang jauh dari lokasi audisi. Pengalaman saya saat audisi tahun lalu banyak peerta yang berasal dari luar pulau jawa yang datang baik bersama orangtuanya, atau hanya bersama temannya. Pasti kalian tau kemampuan diri kan, bukan hanya bakat loh tapi finansial. Seriously, banyak nguping pas audisi yang bela-belain dateng padahal lagi ujian, ga dapet izin orangtua, ngabisin tabungan pribadi, dsb. Tapi itu kembali ke kalian sih, jangan sampai datang ke jakarta dan kemudian menyusahkan orangtua. (nasihat orangtua mode : ON)

Soal siapa yang lolos...hahaha seriously Saya penasaran sudah adakah trainee dari Indonesia yang sekarang lagi training? Ayolah SM Rookies, umumin member baru dari Indonesia! (eh sotoy) 
Kabar burung soal 1 April 2014 pengumuman yang lolos audisi, entah saya yang ketinggalan atau apa tapi beneran ga ada pengumuman deh...Hmmm, kalo emang bener ada yang jadi trainee trus diumumin pasti udah heboh duluan, udah jadi artis duluan di Indonesia, udah masuk infotainment duluan, udah diajak iklan sosis duluan....hahahaha
Kalau emang bener info yang bilang kalau calon trainee ga akan diumumkan sampai menjelang debut dsb, berarti SM bakal diem-diem aja sampai formasi member yang akan di debutan udah ada planningnya.

Yaah berdoa aja nanti ada muka-muka indonesia joget-joget imut nyanyi lagu saranghaeyo saranghaeyo-an, atau ganteng ganteng macho khas indonesia ngerapp bahasa inggris belibet-libet terselip di lagu upbeat khas kpop ;)
  
*sorry no pict, grupnya keburu jadi grup tertutup jadi ga sempat screen pict postingan 'ajaib' disana
dan mohon maaf kalau ada yang tersinggung dsb karena postingan ini murni pengamatan Saya sebagai fans Kpop :) 


No comments

Powered by Blogger.